Sabtu, 11 Agustus 2018

MYSTERY OF THE MOON part 2

Share & Comment
“ HIDE AND SEEK WITH THE MOON “
         
         Perkembangan ilmu astronomi yang sangat pesat ini telah menarik perhatian  kalangan pemuda. Tidak  jarang setiap daerah, universitas, bahkan tingkat sekolah menengah ke atas memiliki  club astronomi. Oleh karena itu, dibutuhkan pembelajaran materi-materi dasar astronom. Astronomi dasar ini mengenalkan benda-benda langit, bagaimana karakteristiknya, dimana tempatnya, dan asal-usul dari astronomi itu sendiri dengan didukung pengamatan (observasi) menggunakan alat-alat astronomi (teleskop) yang tersedia.
Kegiatan tahunan Ulul Albab Astronomy Club (UAAC) yang bernama Mystery of the Moon (MOTM)  kali ini dilaksanakan yang kedua kalinya dengan tema Hide and Seek With The Moon, yang bertempat di kampus satu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam kegiatan ini kami melakukan observasi bulan pasca gerhana dengan mengajak masyarakat umum, mahasiswa, pelajar dari tingkat SMP/MTs sampai SMA/MA yang ada di kota Malang. Hal ini menjadi sangat penting guna menunjang soft skill, pengetahuan dari kesukaan yang akan mengantarkan pecinta astronomy pada dunianya, serta meningkatkan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan olehNya pada kehidupan yang indah ini.
            Acara MOTM  yang kedua dilaksanakan selama dua hari dengan nuansa outdoor dan traveling (keliling kampus satu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Dalam kegiatan ini peserta dari berbagai kalangan dibentuk kelompok secara acak, guna mempererat ukhwah antar peserta dan mempermudah peserta menikmati observasi dalam menggunakan teleskop-teleskop  berbagai jenis yang sudah diletakkan dispot-spot yang terjangkau objek pengamatan.
Hari pertama MOTM kedua dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2018, dihalaman gedung Micro Teaching UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dimana pesertanya berasal dari pelajar SMP/MTs terdekat, yakni SMP Bahrul Maghfiroh, MTs Sunan Kali Jogo, dan SMP Negeri 13 Malang. Acara ini dibuka pada pukul 19.10 WIB ba’da isyak oleh dekan Sains dan Teknologi (SAINTEK) Ibu Dr. Sri Harini, M.Si,. Kemudian dilanjutkan dengan materi pengantar observasi yang dibawakan oleh kak Zidna S.Si, selaku pembina UAAC. Setelah pembentukan kelompok, para peserta diajak menikmati suasan malam kampus hijau dengan pengamatan bulan pasca gerhana dan beberapa pelanet yang berjajar diatas kepala kita.
Subhanallah… Begitu indah warna-warni langit-Mu yang tak pernah terlintas dibenak kami. 
            Begitupun pada hari ke dua pada tanggal 30 juli 2018 dengan peserta umum dan SMA/MA di kota Malang. Di waktu yang sama acara MOTM 2 dibuka oleh pembina kita Bapak Rusli M.Si,. dan dilanjut dengan materi Astrografi yang dibawakan oleh Kak Fadli dari  komunitas pecinta astrografi WARKOP. Dengan konsep acara yang sama seperti hari pertama, acara ini berjalan dengan penuh apresiasi dari para peserat. Kemudian acara ini diakhiri dengan pembagian doorprize kepada peserta dan foto bersama.

Berikut foto-fotonya:








Setelah sepak terjal yang kami lalui, alhamdulillah acara MOTM 2 ini berjalan dengan lancar. Pepata mengatakan ”tiada hasil tanpa proses, tiada yang indah tanpa liku, tiada kenangan indah tanpa pertemuan” teruntuk kalian, sampai berjumpa di acara MOTM berikutnya… J 

Penulis    :  Afafa Ainur Rosyidah
Editor      :  Ida Hernani 














Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

KAJIAN RUTIN ASTRONOMI

Observasi

Ikut Ngamat Bareng Suhu2 MAC

So Why not Join on UAAC?

Copyright © UAAC UIN MALANG | Designed by UAAC