Sabtu, 11 Agustus 2018

LUNAR ECLIPSE CAMP 2018

Share & Comment
LEC 2018, PLANETARIUM JAWA TIMUR… WIS WAYAHE

Pasuruan, 27-28 Juli 2018. Bertempat di BPAA Lapan Pasuruan. Beberapa delegasi dari UAAC UIN Maulana Malik Ibrahim Malang turut serta pada acara Lunar Eclipse Camp 2018 yang diselenggarakan oleh komunitas Astronomi amatir di Jawa Timur. Dalam acara tersebut, turut mengundang lebih dari 20 komunitas. Digelar selama 2 hari 1 malam dengan beberapa rangkaian acara yang begitu mengesankan para peserta camp. Kami sebagai delegasi dari UAAC UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dipertemukan dengan berbagai komunitas Astronomi Amatir se-Jawa Timur. Sehingga, sedikit banyak, dari hal itu kami mampu membuka pikiran tentang perkembangan serta mendapatkan banyak wawasan dan informasi baru mengenai dunia Astronomi di Indonesia.
Acara pembukaan Lunar Eclipse Camp 2018 dimulai pukul 14.00 WIB, dimana, pembukaan acara tersebut resmi dibuka langsung oleh kepala BPAA Lapan Pasuruan, Bapak Dian Yudha Risdianto, ST., MT. yang kemudian dilanjutkan dengan acara pembagian kelompok yang dipandu oleh Cak Toyyib dari SAC dan Ning Eva dari UAAC. Para peserta yang hadir dalam acara tersebut berjumlah kurang lebih 160 orang dan dibagi menjadi 18 kelompok acak dari berbagai komunitas Astronomi se-Jawa Timur. Pengacakan kelompok ini ditujukan untuk mempererat serta menjalin ukhuwah antar sesama komunitas pecinta Astronomi. Setelah 18 kelompok tersebut telah berkumpul dengan masing-masing anggota kelompoknya, dilanjutkan dengan sharing komunitas, hal ini sengaja diadakan rangkaian acara seperti ini agar acara Lunar Eclipse Camp 2018 ini, selain untuk mengamati gerhana bulan total, juga guna mewadahi semua komunitas Astronomi Amatir di Jawa Timur untuk melakukan Studi Banding antar-komunitas.
Pada malam harinya, acara kembali dimulai pukul 24.00 WIB, yaitu acara Workshop Astrofotografi yang menghadirkan pemateri dari Warkop Malang yaitu Kak Fadli, beliau merupakan seorang Astrofotgrafer yang sudah expert dalam bidangnya. Dalam menyampaikan materinya, beliau menggunakan metode praktik langsung melalui ilustrasi kamera yang dibuatnya dari bahan-bahan bekas seperti kardus, kertas, dan potongan paralon. Sehingga, dengan metode pembelajaran seperti itu, para peserta camp mampu memahami prinsip kerja dari kamera dengan baik. Setelah workshop selesai, seluruh peserta dipersilahkan kembali ke tenda masing-masing sembari menunggu puncak gerhana yang telah diperkirakan akan terjadi pada pukul 03.21 WIB. Sembari menunggu, beberapa dari anggota komunitas sibuk menyiapkan teleskop masing-masing. Dan walhasil, kurang lebih pada pukul yang telah diprediksikan, puncak gerhana bulan total berlangsung. Fenomena yang sungguh luar biasa terpampang jelas diantara gelapnya langit malam kota Pasuruan. Subhanallah..
Berikut hasil jepretan lainnya:


Tepat pukul 08.00 WIB, seluruh peserta camp mulai berkemas dan satu persatu dari kami mulai meninggalkan tempat yang suatu saat kami harapkan menjadi Planetarium di Jawa Timur. Seperti jargon acara ini yaitu; “LEC 2018, PLANETARIUM JAWA TIMUR… WIS WAYAHE!!” Semoga jargon tersebut melangit dan mampu terealisasi secepatnya. Aamiin..

Penulis    :  Dewi Munfachiroh (Ning Eva)
Editor      :  Ida Hernani 

Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

KAJIAN RUTIN ASTRONOMI

Observasi

Ikut Ngamat Bareng Suhu2 MAC

Follow by Email

So Why not Join on UAAC?

Copyright © UAAC UIN MALANG | Designed by UAAC