Minggu, 27 Mei 2018

Belajar Ilmu Falak, Belajar dengan Cinta

Share & Comment
Belajar Ilmu Falak, Belajar dengan Cinta

           Malang- Generasi muda muslim khususnya yang bergerak di bidang sains tentu harus membangun budaya belajar yang kuat. Salah satunya adalah memperdalam keilmuan dalam ilmu falakiah, yakni ilmu astronomi yang berkaitan langsung dengan perhitungan-perhitungan penting dalam Islam. Mulai dari arah qiblat, waktu sholat bahkan datangnya gerhana.
            Ulul Albab Astronomy Club, atau yang lebih dikenal dengan UAAC diminggu pertama Ramadhan kali ini melakukan kegiatan tahunan yang beberapa tahun terakhir telah menjadi agenda rutinan, yakni Pondok Ramadhan Falak. Tema yang diangkat tahun ini bertajuk Menyatukan Niat dengan Al-Falak untuk Peradaban Islam Rahmatan lil ‘Alamiin. Tema ini kemudian yang menjadi pondasi beberapa materi yang disampaikan selama dua hari, yakni sejak Sabtu, 19  Mei 2018 hingga keesokan harinya yakni 20 Mei 2018. Mateti dan Pemateri yang berkompeten dibidangnya dihadirkan ditengah-tengah peserta.
            Dihari petama, materi sesi pertama dibuka dengan pengenalan tentang Puasa dan Kesehatan yang disampaikan oleh dr. Ermin. Kemudian dilanjut dengan pemaparan mengenai Bioenergi Tubuh. Dan materi di sesi pertama ditutup oleh Bapak Rusli selaku Pembinan UAAC dengan menyampaikan mengenai Metafisika. Materi-materi ini dijadikan pengantar sebelum kemudian peserta benar-benar menerima materi yang berbau perhitungan (hisab) ilmu Falak. Sesi kedua kemudian dilanjutkan, setelah peserta selesai melaksanakan Sholat Dzuhur. Materi kali ini mulai mengarah pada pemahaman tentang ilmu Falak. Yakni mengenai Fiqih Astronomi dengan pemateri Bapak Miftahudin Azmi.
            Pondok Ramadhan Falak di hari kedua menghadirkan materi yang sangat penting dalam ilmu langit yakni hisab gerhana bulan dan penentua New Moon (Hilal). Materi gerhana bulan diisi oleh Bapak Ali Mustofa, S.Pd.I yang mengunakan metode An Natijah Al Mahsunah dengan alat hitung Vina Calc. Vn-570M. Sedangkan materi perhitungan hilal di bawakan oleh  Bapak Khoirul Anwar, S.HI., M.H. yang menjelaskan secara terperinci proses perhitungan hilal atau New Moon
            Peserta Pondok Ramadhan kali ini berasal dari segala jenis kalangan dan jurususan. Mulai dari Siswa dan Mahasiswa, baik dari Malang bahkan dari kota luar Malang, baik jurusan Fisika dan jurusan lainnya juga ikut serta dalam acara ini. Dengan harapan setiap peserta dapat mempelajari Ilmu Falak dengan cinta.

Nrl.
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

KAJIAN RUTIN ASTRONOMI

Observasi

Ikut Ngamat Bareng Suhu2 MAC

Follow by Email

So Why not Join on UAAC?

Copyright © UAAC UIN MALANG | Designed by UAAC