Kamis, 08 Februari 2018

Tentang Sebuah Pengharapan

Share & Comment

Tentang Sebuah Pengharapan
          Roda kehidupan akan terus berputar. Detik jarum penunjuk waktu juga akan terus berdetal menjalankan tugasnya. Ada yang datang, ada yang pergi, dan ada yang masih menetap. Ada yang gagal, ada yang berhasil, ada yang usaha dan tentu saja ada juga yang putus asa. Ada pula yang bangkit dan yang jatuh. Atau ada yang merangkak, ada yang berjalan, dan bahkan ada yang berlari.
Tidak terkecuali pada catatan kisah dan perjalanan yang telah ditempuh oleh Ulul Albab Astronomy Club. Tidak ada guratan kisah yang berbahagia saja, ataupun yang sedih saja. Semuanya seimbang, semuanya adil. Tak perlu diragukan, selama Sang Penggurat Kisah Terindah sudah menggoreskan penaNya, maka apapun keputusannya pasti merupakan yang terbaik. Jika mungkin ada takdir yang tidak berkenan di hati, atau tidak sesuai dengan egoisme makhluk bernama manusia, mungkin hanya karena keterbatasan manusia dalam memahami pesan apa yang ingin disampaikan dariNya.
Berbagai macam rutinitas dan agenda telah dilangsungkan. Berbagai mimpi yang terbesit dalam benak dan tertulis diatas kertas juga telah terlaksana. Tak jarang pengorbanan peluh, material, bahkan air mata ikut menyemarakkan. Namun, inilah kami. Kami yang sedang mencoba meningkatkan kapasitas diri bersama. Karena tak dapat dipungkiri bahwa berjamaah itu indah.
Agenda terdekat yang sudah terlaksana yakni open recruitment. Tak dapat dipungkiri, event ini juga merupakan salah satu jembatan untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang lebih besar. Agenda ini dilakukan bukan karena anggota lama sudah bosan dan tak ingin berlama-lama. Bukan juga karena para aktivis didalamnya ingin segera makzul dan sudah expired. Namun justru dengan adanya open recruitment ini diharapkan akan ada inovasi dan jaringan yang semakin luas.  Diharapkan akan ada guyonan baru yang justru akan meningkatkan lagi semangat yang telah berkobar. Dan tentu saja, dibutuhkan penantang-penantang baru yang sigap dan tangguh untuk bersama-sama meraih mimpi dan cita terbesar.
Diluar dugaan, sungguh sangat luar biasa antusiasme mahasiswa kampus hijau ini dalam bidang astronomi. Terbukti dari banyaknya jumlah formulir pendaftaran yang masuk. Meskipun seleksi awal dilakukan secara online dan tertulis, semangat dan motivasi yang dimiliki masing-masing peserta terasa sangat membakar. Sangat berat bagi panitia dan pembina untuk menentukan peserta terpilih yang selanjutnya akan mengikuti tes tahapan selanjutnya.
Disisi lain, pada seleksi kedua, yakni sesi wawancara, kembali lagi saat-saat berat untuk memutuskan anggota yang lolos sebagai pengurus. Berbagai pertanyaan dilangsungkan dan berbagagai kepribadian ditelusuri lebih dalam. Komitmen dan kontribusi yang akan dilakukan menjadi faktor penentu keberhasilan. Tidak lupa, persoalan-persoalan kemahasiswaan juga disajikan guna mengetahui bagaimana peserta dapat menanggapinya dengan baik. Tidak ada acara perploncoan disini, ataupun membuat berbelit persoalan yang sering dihadapi. Tim wawancara hanya mencoba menggali potensi terdalam yang dimiliki masing-masing peserta.
Devisi- devisi yang ditawarkan dalam oprec juga bermacam-macam. Devisi pertama yakni Devisi Instrumentasi dan Dokumentasi. Devisi ini merupakan wadah bagi para astronomer yang ingin mengasah lebih dalam skill fotografi dan segala macamnya, serta skill peralatan instrumentasi yang banyak digunakan untuk astronomi. Devisi kedua yakni Devisi Wawasan Keilmuan dan Jurnalistik. Devisi tersebut bergerak dalam isu-isu paling mutakhir di bidang astronomi sekaligus yang akan mengolahnya agar dapat dikonsumsi dengan baik oleh masyarakat awam. Devisi terakhir yaitu Devisi Pengembangan Mutu dan Pemberdayaan. Berkaitan dengan upgrade skill, kreativitas, dan kewirausahaan menjadi salah satu ciri dari devisi terakhir tersebut. Bagi seluruh peserta diwajibkan memilih salah satu devisi yang sesuai dengan bakat minat masing-masing.
Pengumuan penerimaan pengurus akan diumumkan 7 Februari 2018 di website ini.
 Bagi peserta yang terpilih. Kami ucapkan selamat dan sukses. Amanah sedang menggelayut di pundakmu. Tetap jaga semangat, persistance, serta komitmen yang sudah disampaikan.
Namun, bukan berarti peserta yang tidak terpilih berarti tidak memiliki komitmen dan kompetensi yang tinggi. Bukan pula karena alasan dan motivasi untuk bergabung dalam UAAC dinilai lemah. Dan bukan pula karena pintu UAAC tidak terbuka. Satu hal yang harus digarisbawahi yakni pintu UAAC selalu terbuka lebar. Mari berkembang dan berkarya bersama. Mari mengejar mimpi bersama. Mari berpartisipasi aktif dalam keanggotaan dan meramaikan acara kajian yang dilaksanakan dwi mingguan bersama. Mari membangunkan kembali asttronomi islam yang sangatt gemilang di masa lampau. Dan mari bersinergi bersama dalam meneruskan perjuangan para ulama’ dalam ilmu perbintangan ini.


Author : N.Kariimah
Editor : N.Anripa
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

KAJIAN RUTIN ASTRONOMI

Observasi

Ikut Ngamat Bareng Suhu2 MAC

Follow by Email

So Why not Join on UAAC?

Copyright © UAAC UIN MALANG | Designed by UAAC