Sabtu, 02 September 2017

Profil Komunitas

Share & Comment


Profil Komunitas UAAC


Selayang Pandang Ulul Albab Astronomy Club (UAAC)

1.    Latar Belakang Berdirinya UAAC

Berawal dari hobi dan kecintaan akan dunia Astronomi, banyak orang berlomba-lomba untuk masuk dalam sebuah komunitas Astronomi di berbagai tempat. Hampir semua kota-kota besar dan berkembang di tanah air ini mempunyai wadah khusus pecinta Astronomy. Sebut saja HAAJ (Himpunan Astronomy Amatir Jakarta) yang juga merupakan komunitas Astronomy tertua di tanah air, JAC (Jogja Astronomy Club), PL (Penjelajah Langit) Jogjakarta, SAC (Surabaya Astronomy Club), MAC (Malang Astronomy Club), JoAC (Jombang Astronomy Club), Jastro (Jember Astronomy Club), PAC (Palangkaraya Astronomy Club) dan masih banyak lagi. Komunitas ini mempunyai anggota yang beragam. Mulai dari kalangan akademisi hingga pelajar (SD-Mahasiswa).
Tidak cukup komunitas itu saja, para mahasiswa pecinta benda langit pun turut meramaikan dengan membentuk komunitas Astronomi di kampus mereka. Di Malang sendiri tercatat kampus-kampus besar mempunyai klub Astronomi. Misalnya, Kapela (Komunitas Pengamat Langit) Universitas Negeri Malang, APC (Astronomy Physics Club) Univeristas Brawijaya. Di luar Malang pun juga menjamur.
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sebagai salah satu Perguruan Tinggi terkemuka di Malang dan tanah air justru belum mempunyai wadah bagi warganya untuk belajar Astronomi. Kalaupun ada ‘falak’, itu hanya terbatas di jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyah. Sedang di jurusan Fisika (yang secara keilmuan paling dekat), Astronomi hanya dipelajari 3 SKS saja, tanpa aplikasi. Bagaimana dengan jurusan yang lain? Bagaimana dengan mahasiswa, dosen, karyawan, bahkan birokrat yang ingin tahu lebih dalam tentang Astronomi? Apakah cukup hanya sekedar membaca dan belajar mandiri tanpa guru?
Berdasarkan fakta di atas, para alumni yang mempunyai hobi yang sama (Astronomi), saat itu merasa terpanggil untuk membuat klub astronomi amatir bagi almamaternya (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Klub Astronomi ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi warga UIN yang mencintai dunia Astronomi. Yang harapannya bisa merangkul semua kalangan (bahkan alumni) untuk duduk bersama dan belajar tentang kebesaran Allah Swt. melalui Astronomi.
Nama Ulul Albab Astronomy Club sendiri, adalah nama yang kami harapkan bisa mencerminkan kepribadian civitas akademika kampus UIN, yakni pribadi yang selalu berpikir untuk mengingat Rabb nya, kemudian tunduk tawadldlu’ meng-Esa kan Allah ‘Azza wajalla.
Memberi yang terbaik bagi almamater menjadi semangat kami (para alumni pecinta astronomi) untuk membentuk klub astronomi amatir di kampus tercinta. Semangat ini karena kami sangat mencintai keilmuan di kampus UIN. Kami berharap agar mahasiswa aktif bisa meneruskan belajar astronomi sesuai wadahnya dan juga klub astronomi amatir ini bisa menjadi rujukan bagi masyarakat maupun sesama Perguruan Tinggi Islam di Nusantara dalam bidang astronomi.

2.      Sejarah UAAC
Awal mula dibentuknya komunitas ini, adalah karena inisiatif para alumni yang ingin almamater tercinta mempunyai wadah belajar dunia astronomi. Karena sebelum dibentuknya komunitas ini, mahasiswa yang suka bidang astronomi harus belajar di luar kampus, dengan ikut komunitas lain walaupun hal itu bukanlah suatu kesalahan. Namun, alangkah baiknya jika di kampus sendiri ada wadah belajar yang memfasilitasi mahasiswa/warga kampus untuk belajar astronomi. Bukan hal yang lucu juga jika di kampus Islam yang amat disegani di Indonesia ini, kita sangat minim fasilitas di bidang astronomi. Kenapa?
1.      Harusnya kaum muslim (khususnya intelektual muda muslim) lebih paham, jago, bahkan menguasai astronomi dibanding umat lain. Karena setiap hari pasti melakukan ibadah sholat, di mana sholat pasti berhubungan dengan waktu (waktu pergeseran matahari) yang bisa dipelajari dalam ilmu astronomi. Bukankah sangat lucu jika kita sholat ketika matahari tepat di atas kepala kita & bayangan tegak lurus dengan dalih bahwa itu sholat dhuhur? Padahal waktu tersebut kita dilarang sholat sampai matahari bergeser.
2.      Kita kaum muslimin selalu berhubungan dengan puasa, idul fitri, idul adha. Yang awal dan akhir penentuannya dilihat dari muculnya bulan baru. Dan ini adalah bidang astronomi.
Dan masih banyak alasan lain yang menguatkan inisiatif kami (dari para alumni) untuk membentuk wadah baru bagi warga UIN, baik yang masih aktif/alumni.
Pembentukan Klub ini merupakan konsekuensi dari kegiatan InOMN 2015 silam di Universitas Ma Chung. Dimana pada saat itu banyak mahasiswa UIN Malang yang menghadiri acara tersebut. Sehingga akhirnya mereka berkumpul dan berinisiasi untuk membentuk klub astronomi sendiri di kampus.
Dengan beberapa pertimbangan dan koordinasi selama bebarapa pertemuan. Terbentuklah sebuah klub yang tujuannya untuk mewadahi civitas akademika UIN Malang yang berminat dalam bidang astronomi.
Semenjak dibentuk pada 20 September 2015 oleh Pak Rusli, Zidna, Irfan, Nasir, Haris, Adel, Indana, Putri, dan Nuralfin kini komunitas yang memiliki akun instagra ( uaac.malang ) ini telah mewadahi lebih dari 77 orang anggota lintas jurusan, dengan kepengurusan awal terpilihlah Haris Syafei sebagai ketua , Nuralfin Anripa sebagai sekretaris dan Indana sebagai Bendahara.
Alat kerja seperti teleskop masih belum dimiliki oleh komunitas ini. Meskipun begitu, komunitas ini masih dapat melakukan pengamatan dengan teleskop pinjaman dari Fakultas Syariah dan jurusan Fisika UIN Malang. Kedepannya, komunitas ini dapat memiliki teleskop maupun alat kerja astronomi yang lain demi kelancaran kegiatan dan meningkatkan kualitas pemahaman mahasiswa akan astronomi.

3.    Struktur Pengurus UAAC (Ulul Albab Astronomy Club)
(Terlampir)
4.    Keanggotaan UAAC
UAAC sangat terbuka menerima keanggotaan bagi civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Baik itu dari kalangan mahasiswa, dosen, karyawan, birokrat, bahkan alumni.
5.    Kegiatan UAAC
Berikut kegiatan UAAC:
1.      Kuliah Astronomy
2.      Kajian integrasi
3.      Observasi benda langit
4.      Study Tour
5.      Belajar bersama dengan klub lain
6.  Sumber Dana UAAC
Selama ini sumber dana klub berasal dari:
1.   Iuran anggota
2.      Sumbangan alumni
3.      Sumbangan pembina
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

KAJIAN RUTIN ASTRONOMI

Observasi

Ikut Ngamat Bareng Suhu2 MAC

Follow by Email

So Why not Join on UAAC?

Copyright © UAAC UIN MALANG | Designed by UAAC